5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Memulai Bisnis Kedai Kopi

Selain menjadi tren, kopi saat ini sudah menjadi ke butuhan (need) bagi masyarakat Indonesia. Bila dilihat dari data International Coffee Organization (ICO), jumlah konsumsi kopi domestik telah mengalami peningkatan dalam lima tahun terakhir.

Pada periode 2020, jumlah konsumsi kopi domestik mencapai mencapai 294.000 ton atau naik 13,9% dibandingkan tahun 2019 sebesar 258.000 ton.

Pada 2021 jumlah konsumsi kopi diprediksi akan mencapai 379.000 ton. Melihat tingginya peminat kopi di Indonesia, hal ini membuka peluang yang sangat baik bagi kamu yang ingin memulai bisnis kedai kopi.

Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memulai bisnis kedai kopi :

#1 Menntukan Pangsa Pasar

Pertama, kamu bisa menentukan konsep kedai kopi seperti apa yang ingin kamu ambil. Untuk target anak muda kamu bisa memilih kemasan, varian dan nama produk yang unik atau relate dengan kehidupan keseharian mereka. 

#2 Harga kopi yang semakin terjangkau

Untuk kopi kekinian memiliki harga relatif terjangkau sekitar belasan ribu untuk satu gelas. Dengan harga tersebut, intensitas masyarakat untuk membeli kopi setiap hari menjadi lebih besar ditambah saat pandemi seperti sekarang, orang-orang yang bekerja dari rumah atau work from home (WFH) lebih sering memesan melalui ojek online.

#3 Membangun Merek Sendiri atau Membeli Franchise

Keuntungan membeli franchise mereka sudah memiliki nama, manajemen dan jaringan yang cukup luas. Sehingga kamu tidak perlu pusing untuk memulai semuanya dari awal.

Sedangkan, jika membangun merek sendiri kamu harus siap membangun sistem, melakukan trial and error, hingga riset produk sebelum menemukan komposisi rasa yang pas. 

 #4 Memilih Biji Kopi Roasting atau Non-Roasting

Memilih biji kopi juga menjadi faktor yang tak kalah penting. Sebab berhubungan dengan cita rasa yang dihasilkan. Banyak karakter kopi Indonesia yang sangat unik yang bisa kamu gunakan. Namun, sebelum menentukan biji kopi pilihan coba tentukan apakah kamu ingin gunakan biji kopi yang  sudah diroasting atau non-roasting?

Jika menggunakan biji kopi non roasting, kamu harus melakukan roasting sendiri. Meski lebih rumit dan membutuhkan biaya ekstra kamudapat mengontrol rasa dan kualitas kopi yang dihasilkan.

Sedangkan  jika menggunakan kopi roasting, kamu tinggal menerima beres. Namun tidak dapat mengontrol langsung rasa dan kualitasnya.

#5 Mendapatkan Modal Usaha Dengan Cepat dan Mudah Melalui Aplikasi Pinjaman Online Singa.id

Untuk mendapatkan modal usaha memang ada beberapa cara yang bisa kamu pilih. Mulai dari perbankan hingga fintech pinjaman online terpercaya yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK seperti SingaID

Dengan limit pinjaman hingga 8 juta dan tenor hingga 90 hari, kamu bisa mengajukan pinjaman dengan mudah hanya dengan mengisi data diri dengan lengkap, KTP dan tunggu verifikasi dari tim Singa.id. Setelah pengajuan pinjaman disetujui, dana akan dicairkan ke rekening kamu yang terdaftar pada aplikasi.

Buruan download aplikasi pinjaman online Singa.id di Google Playstore sekarang.

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: