Kena Pemutusan Hubungan Kerja ? Berikut 5 Ide Bisnis Hanya Bermodal Smartphone

Pandemi memang membawa dampak bagi banyak orang, tak terkecuali kaum muda. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS)Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada kelompok usia muda pada rentang usia 20-24 tahun sebesar 17,66 persen pada Februari 2021, meningkat 3,36 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 14,3 persen.

Sedangkan data yang dihimpun dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) hingga Agustus 2021 jumlah tenaga kerja yang sudah terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) tercatat mencapai 538.305 orang.

Bagi karyawan, PHK sangat  berdampak bagi perekonomian karyawan namun kebutuhan dan kehidupan  harus tetap berjalan.  

Untungnya di era digital ada banyak cara untuk menghasilkan uang secara online bahkan banyak bisnis yang bisa dijalankan secara online.

 Berikut 5 ide bisnis yang bisa kamu lirik hanya bermodal smartphone  :

#1 Menjadi Reseller atau Dropshipper
Online Shop

Coba lihat keranjang belanja kamu di marketplace atau e-commerce, barang apa yang paling sering kamu beli? 

Masa pandemi banyak brand atau supplier yang membuka peluang bagi kamu yang ingin menjadi reseller atau bahkan kamu bisa mencoba menjadi dropshipper terlebih dahulu, sehingga tidak perlu stok barang terlebih dahulu.

Beberapa produk yang bisa kamu lirik seperti kosmetik, fashion, dan f&B karena ketiga jenis produk ini memiliki perputaran yang cepat.

#2 Menjadi Influencer Marketing

Beruntung buat kamu yang memiliki banyak pengikut di media sosial. Namun jangan khawatir, saat ini banyak brand yang juga melirik nano influencer yakni mereka yang memiliki follower social media di rentang 1000-10.000 (dibawah 10.000)

Kamu bisa mendaftar di beberapa platform marketplace khusus influencer, agency, ataupun bergabung di komunitas tertentu.

#3 Menjadi Content Creator 

Di era digital siapa saja bisa menjadi content creator. Dengan bermodal smartphone dan kuota internet kamu bisa merekam dan mengedit video lalu mengunggahnya keberbagai platform seperti Youtube dan Tiktok. Untuk mendapatkan penghasilan dari content creator kamu bisa mengandalkan adsense ataupun paid promote.

#4 Jasa Admin Media Sosial

Kamu senang bermain media sosial seperti instagram, twitter, facebook dan lainnya? Kamu bisa coba membuka jasa admin media sosial untuk menghandle usaha kecil dan menengah atau UMKM dan brand.

#5 Copywriting atau Penulis Lepas

Senang menulis di blog atau media sosial dengan berbagai topik? Pekerjaan copywriting atau penulis lepas bisa menjadi pilihan. Kamu bisa menjual jasa copy writing di berbagai website marketplace freelancer atau mengirimkan karya tulisan kamu ke beberapa media online.

#6 Menjadi Pembicara Webinar atau Kelas Online

Buat kamu yang sudah lama bekerja di salah satu bidang profesi atau industri tertentu. Pengalaman dan ilmu yang kamu dapat pastinya sangat berguna bagi orang lain dan di masa pandemi banyak sekali orang-orang yang ingin menambah ilmu dari kelas online atau webinar. 

Kamu bisa coba membuka kelas online, dengan bermodal aplikasi zoom atau google meet. Untuk perkenalan coba adakan 1 kali seminar gratis (free trial) dan versi berbayar untuk kelas lanjutan.

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: