Design a site like this with WordPress.com
Get started

Tanpa Sadar, 6 Pengeluaran ini  Bikin Keuangan Kamu Bocor Halus

Tak dipungkiri, semakin besar gaji atau penghasilan maka semakin besar kebutuhan dan gaya hidup yang kita miliki. Ibarat bocor halus pada ban, begitu juga dengan pengeluaran. 

Tanpa sadar, saldo di rekening tahu-tahu habis begitu saja. Sebenarnya, apa saja pengeluaran yang menyebabkan terjadinya bocor halus? Yuk simak daftarnya berikut ini :

#1 Kopi Susu Kekinian

Selain menjadi gaya hidup, kopi saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan. Ditambah menjamurnya kedai kopi yang menjual kopi susu gula aren dengan harga belasan ribu membuat banyak orang lebih sering memesan kopi.

Berdasarkan survei yang dilakukan IDN Times kepada 386 responden. Sebanyak 45,3 persen kaum muda di rentang usia <18 hingga >28 tahun menyisihkan budget untuk membeli kopi susu sekitar Rp51-150 ribu.

Coba bayangkan, jika pengeluaran ini kamu sisihkan. Kamu bisa mengumpulkan Rp612ribu – 1,8 juta dalam satu tahun.

#2 Delivery Makanan Online

Berkat aplikasi ojek online, saat ini kita dipermudah untuk memesan makanan secara online. Belum lagi promo-promo menarik yang sayang untuk dilewatkan. 

Seperti dilansir dari Katadata.com, berdasarkan hasil survei yang dilakukan Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia terhadap 4.199 orang pada September 2020. Sebanyak 97% responden melakukan pengeluaran rutin untuk membeli makanan melalui layanan pesan antar dan angkanya mencapai Rp 1,5 juta perbulan.

#3 “Racun” Skincare 

Bagi kaum wanita, kecantikan sangatlah penting untuk menunjang penampilan. Belum lagi standar kecantikan yang ditampilkan di media sosial dan pemasaran produk oleh beauty influencer atau sering disebut “Racun Skincare” berpengaruh cukup besar.

Berdasarkan pemaparan ZAP Beauty Index 2021. Secara keseluruhan wanita Indonesia dari berbagai generasi menggunakan 3 jenis produk skincare. Sebesar 57,1 persen responden membeli produk skincare secara online melalui situs e-commerce. 

Coba hitung berapa produk skincare yang kamu gunakan, berapa harganya? Jika rata-rata harga skincare yang kamu gunakan sekitar 50ribu-100ribu, untuk menggunakan tiga produk sudah mencapai sekitar 150ribu-300ribu.

#4 Kebiasaan Belanja Online Semakin Tinggi

Tahukah kamu? Berdasarkan survei yang dilakukan The Trade Desk seperti dilansir Kompas.com selama festival belanja online seperti 10.10, 11.11.

“8 dari 10 konsumen Indonesia berbelanja online satu kali setiap bulannya”. 

Coba cek berapa kali dalam bulan ini kamu melakukan belanja online? Apakah barang yang kamu beli merupakan kebutuhan atau hanya keinginan?

Yuk mulai sekarang kurangi pengeluaran berbelanja secara impulsif. Belilah barang-barang yang benar-benar kamu butuhkan terlebih dahulu.

#5 Langganan Layanan Streaming 

Saat ini banyak layanan streaming yang cukup seru untuk menonton film dan drama Korea seperti Netflix, Viu, Disney Plus dan lainnya. Coba cek pada smartphone kamu berapa layanan streaming untuk film yang kamu upgrade ke akun premium?

Meski harga berlangganan film pada aplikasi premium saat ini semakin terjangkau. Akan sayang jika kamu tidak maksimal menggunakannya.

Coba cek kembali, aplikasi mana yang benar-benar kamu gunakan?

#6 Cuma Jadi Donatur di Tempat Gym

Untuk berlangganan fitness di mega gym atau boutique gym di kota-kota besar biayanya berkisar Rp400-900ribuan setiap bulan. Belum lagi jika kamu harus terikat kontrak dengan sistem pembayaran auto debet.

Coba hitung berapa kali dalam seminggu kamu pergi ke tempat gym? Jangan sampai kamu cuma menjadi donatur di tempat gym ya!

%d bloggers like this: